Sunday, December 19, 2010

Islam Indonesia


Islam Moderat di Indonesia Dikagumi Dunia

Ajaran Islam moderat di Indonesia saat ini bisa menjadi acuan perkembangan Islam di Inggris. Negara tersebut sebelumnya lebih banyak berkiblat ke India, Pakistan dan Arab Saudi.

Azyumardi Azra, Mantan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta menyatakan bahwa Umat Islam di Inggris mengagumi moderatisme Islam dan keagamaan di Indoesia.

“Muslim di Inggris terkejut melihat jemaah muslim dan muslimah di Indonesia tidak ada pemisahan seperti di negara mereka, hubungan antar gender di Indonesia sangat setara dan lebih cairm: ungkap Azyumardi.

Di Inggris, pada umumnya jamaah muslim dan muslimah dipisahkan. Bahkan wanita ditempatkan di luar bangunan utama masjid saat kegiatan Ibadah berkangsung.

Para pemimpin Islam Inggris kagum melihat Indonesia bisa memiliki dasar negara Pancasila yang menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa pada tempat pertama.

”Kita memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, tetapi kita tidak membentuk negara berdasarkan agama. Namun, agama dan ketuhanan mendapatkan tempat utama,” kata Azyumardi menjelaskan.

Kerja sama antara Indonesia dan Inggris ini memungkinkan pertukaran pemimpin agama termasuk tokoh-tokoh madrasah Inggris ke Indonesia.

No comments:

Post a Comment

selamat datang di semuabaca

blog pengetahuan bebas!!!!!
Powered By Blogger

Search This Blog

Laman

My Blog List

About me

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
sometimes i like being in the middle of the crowd but sometimes i like being alone just with my self